Cara Penggunaan UPS Modifikasi Aki Mobil

UPS Modifikasi Aki MobilListrik merupakan kebutuhan utama bagi yang berkecimpung dalam bidang usaha server pulsa elektrik. Server Pulsa berlangsung selama 24 jam, yang mewajibkan pemiliknya harus mempunyai backup listrik yang baik agar terhindar dari komplain agen maupun ketidakakuratan data transaksi yang berlangsung.

Ada berbagai cara dalam backup listrik yang biasa digunakan oleh para pemain server pulsa, berupa : Genset, UPS biasa, sampai dengan yang terbaru menggunakan UPS Modifikasi 650WA yang dihubungkan dengan aki mobil, sehingga daya tahan backup nya lebih lama.

Akibat seringnya mati lampu dari pihak penyedia listrik, transaksi server menjadi terganggu, perangkat server menjadi cepat rusak, bahkan yang lebih parah adalah menurunnya kualitas server (komplain dari agen meningkat) dan bahkan ketidakcocokan data transaksi (database crashed) yang menyebabkan kerugian yang tidak sedikit.

Pada mulanya, para pemain server menggunakan UPS biasa (tanpa dimodifikasi) yang dapat mem-backup listrik padam selama 15-30 menit, maupun menggunakan Genset yang dapat membackup lebih lama dan daya yang lebih besar.
Akan tetapi, mati lampu tidak dapat diprediksi berapa lama matinya dan pada jam berapa saja, hal ini menyebabkan penggunaan UPS biasa, tidak dapat diandalkan apabila mati lampu selama berjam-jam, dan Genset juga terasa merepotkan apabila mati lampu terjadi pada jam istirahat (harus mengalihkan listrik secara manual).

Kini hadir UPS Modifikasi 600VA dengan Aki mobil yang menyelesaikan segala masalah diatas, dengan hasil yang lebih baik. Dengan UPS Modifikasi 650WA, anda dapat tenang karena server anda akan terbackup selama jangka waktu 3-7 jam (sangat aman, otomatis switch, dan bisa ngecas sendiri). Jelas bahwa UPS Modifikasi lebh unggul apabila dilihat dari segi ini.

Charger Battery Aki

Akan tetapi, UPS Modifikasi 650WA juga memiliki kelemahan sbb :
- Membutuhkan Aki Mobil tambahan sebagai cadangan listriknya (FYI : 100 Ampere, bisa bertahan 5-7 jam tanpa di cas kembali)
- Membutuhkan waktu pengecasan aki yang lebih lama apabila mengharapkan input listrik dari stop kontak. Hal ini jelas dikarenakan biasanya pada UPS biasa, battery menyimpan daya yang kecil, sehingga hanya membutuhkan bbrapa jam pengecasannya, akan tetapi, menggunakan aki mobil menjadi besar sekali dayanya, sehingga di casnya juga akan lama. (Solusi : Menggunakan CHarger Aki)

Aki dikatakan habis jika voltasenya turun (untuk aki yang sudah aus bisa drop sampai 9V dari 12V, jika di cas kembali akan naik kembali voltasenya, tetapi akan segera drop kembali jika digunakan), tidak ada alat khusus untuk mengetahui sisa daya di aki, selain diukur voltase akinya.

Untuk menggunakan Aki, pilihan aki mobil yang sesuai adalah yang memiliki arus : 12 Volt DC, amperenya bebas, disarankan minimal 50 Ampere. Yang 100A berkisar 800.000 - 900.000 (bebas bisa menggunakan aki basah / kering). Menurut dari pemakai (user), aki yang mereka pilih adalah menggunakan aki basah, karena terlalu mewah menggunakan aki kering hanya untuk backup listrik. Untuk aki basah, anda harus mengecek batas air aki (jangan sampai dibawah batas normal karena dapat menyebabkan aki lebih cepat aus). Aki basah memiliki kelemahan berupa air akinya menguap, pada beberapa user mengeluhkan bau yang kurang sedap dari aki. Aki basah memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan aki kering. Keunggulan aki kering, anda tidak perlu mengawasi air aki.

Memang membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan UPS dan genset, tetapi untuk pemakaian jangka panjang, anda akan berhemat banyak, Genset membutuhkan bahan bakar yang tergolong tidak murah, lebih berisik, dan bahkan beberapa genset harus manual switch, sedangkan UPS tanpa modif, hanya bertahan sebentar.
Solusi dari kami adalah menggunakan UPS Modifikasi Aki Mobil 650VA sebagai backup listrik server anda.

PRODUK BARU :

Sejak tanggal 29 November 2011, Selular88 resmi meluncurkan produk baru berupa : UPS Modifikasi 1200WA, dimana daya nya lebih besar (dapat backup 2 CPU).UPS Modifikasi Aki Mobil 1200WA menggunakan 2 Aki mobil dengan spesifikasi 12volt dc (sama seperti 650WA, tp harus menggunakan 2 unit aki untuk 1200WA), sedangkan untuk amperenya bebas, semakin besar amperenya semakin lama backupnya, disesuaikan dengan kebutuhan (lama mati listrik di daerah masing2). Connector antar Aki menggunakan Jumper (+/- pada kedua aki dihubungkan dengan jumper, sedangkan sisanya + dihubungkan ke kabel merah UPS, dan - ke kabel hitam UPS seperti biasa).

Selular88 juga menyediakan UPS InForce 1200WA yang hanya menggunakan 1 aki, dapat membackup daya besar (2CPU standar)

Untuk Pemesanan, harap segera menghubungi CS kami via YM / telp / sms / FB

Semoga artikel berikut dapat bermanfaat bagi anda, Selular88

© Selular88 | Peralatan Server Pulsa dan SMS Gateway